Tips Berwisata ke Desa Wisata Sindangkasih, Kec. Cilawu, Kab. Garut

desa wisata sindangkasih

Kabupaten Garut menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki berbagai tempat wisata alam menarik di Provinsi Jawa Barat, seperti wisata river tubing yang ada di Desa Wisata Sindangkasih Garut.

Menurut pengelola disana yaitu Bpk. Dedi Sopandi, diharapkan kepada setiap wisatawan yang akan datang untuk membawa sendal jepit.

"Jadi, kalo ingin river tubing bagusnya menggunakan sendal jepit, namun masih ada juga wisatawan yang tidak menggunakan sendal jepit"

Tips Berwisata ke Desa Wisata Sindangkasih, Kec. Cilawu, Kab. Garut

1. Pastikan Kondisi Badan Fit

Berdasarkan penuturan dari Bpk. Dedi, wisatawan yang ingin bermain river tubing dipastikan sehat dan tidak memiliki penyakit Jantung, Ayan dan takut terhadap air.

Untuk dapat memudahkan petugas dalam mengawasi aktivitas wisatawan, maka untuk river tubing ini dibatasi hanya untuk lima sampai sepuluh orang saja.

Untuk harganya river tubing ini dihargakan 35K/org dewasa dan 20K/org anak-anak. Kalau kamu tidak puas dengan satu putaran Kamu tinggal nambah 15K/org dewasa dan 10K/org anak-anak jika ingin menambah satu putaran lagi.

2. Berpakaian Seperlunya

Siapkanlah pakaian yang sesuai medan tempat wisata yang akan Kamu datangi, lebih baik untuk tidak menggunakan aksesoris tambahan seperti perhiasan dan lain sebagainya.

3. Siapkan Sendal Jepit

Point ini merupakan rekomendasi dari pengelola disana, menurut pengelola disana yaitu Bpk. Dedi Sopandi, diharapkan kepada setiap wisatawan yang akan datang untuk membawa sendal jepit.

"Jadi, kalo ingin river tubing bagusnya menggunakan sendal jepit, namun masih ada juga wisatawan yang tidak menggunakan sendal jepit"

4. Bekal Peralatan Sholat

Walaupun di Desa Wisata Sindangkasih ini terdapat prasarana beribadah seperti Mushola, namun tetap disarankan untuk membawa peralatan sholat sendiri.

5. Patuhi dan Ikuti Arahan Pemandu Wisata

Jangan sampai Kamu menganggap sepele terhadap peraturan-peraturan yang diberikan oleh pemandu wisata. Meski sungai yang dijadikan river tubing ini tidak dalam, Saya sarankan untuk tetap mematuhi setiap arahan dari pemandu wisata untuk menjaga keamanan saat berwisata. 

6. Jaga Kebersihan Lingkungan

Point yang ini sebenarnya berlaku disemua tempat wisata bahkan non-tempat wisata juga, karena dengan ini dapat membantu memelihara keasrian tempat wisata khususnya.

7. Jaga Perilaku dan Lingkungan Sekitar

Sebagai pendatang Kamu harus menjaga perilaku, dikarenakan setiap daerah memiliki adat kebiasaan serta perilaku warganya yang berbeda-beda.

Wisatawan juga dituntut untuk dapat menjaga lingkungan di Desa Sindangkasih ini, seperti tidak mengambil bunga atau tanaman warga secara sembarangan.

8. Bekal Jaket

Dikarenakan Desa Sindangkasih ini menyediakan penginapan untuk pengunjung yang mau bermalam disana, maka disarankan untuk membawa Jaket, sebagai persiapan menghadapi dinginnya malam di Desa Sindangkasih.

9. Usahakan Datang Pagi-Pagi

Kegiatan yang ditawarkan Desa Wisata Sindangkasih ini sangat bermacam-macam. Namun supaya Kamu lebih puas berwisata di Desa ini diharapkan pagi hari sudah sampai dilokasi.

Karena petugasnya sendiri memberikan arahan agar tidak terlalu siang maksimal jam 9 pagi, supaya suasananya enak.

Lokasi dan Harga Tiket

Lokasi Desa Wisata Sindangkasih ini berada di jalan antara Garut-Tasik Kilometer ke 16, detailnya Ds. Sukamaju, Kec. Cilawu, Kab. Garut.

Waktu operasional Desa Wisata ini mulai buka pukul 08.00 dan tutupnya pukul 17.00 WIB. Harga tiket dibedakan antara dewasa dan anak-anak. Untuk Dewasa= Rp. 5K/org dan Anak-Anak= Rp. 3K/org.

Sebagai respon terhadap pencegahan virus Covid-19 Desa Wisata Sindangkasih sudah menyiapkan peraturan dan peralatan seperti pengecekan suhu tubuh, tempat cuci tangan dan penerapan aturan jaga jarak untuk setiap wisatawan.

Bahkan lebih ditegaskan lagi melalui SOP pengelola disana, jadi yang tidak menggunakan masker dilarang masuk dan berwisata ke Desa Sindangkasih.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Gadgets

Random